Info
Puisi Para Juara Lomba Cipta Puisi Grup FB Hari Puisi Indonesia 2020

Puisi Para Juara Lomba Cipta Puisi Grup FB Hari Puisi Indonesia 2020

Nana Sastrawan dan Aryani Isnamurti

Hari Puisi Indonesia ditetapkan 26 Juli. Penentuan tanggal itu berdasarkan hari lahir Chairil Anwar. Dideklarasikan di Pekanbaru 22 November 2012 berdasarkan kesepakatan para penyair Indonesia yang datang dari berbagai daerah di Indonesia. Sejak itu, Hari Puisi Indonesia dirayakan setiap tahunnya.


Pada tahun 2020, Hari Puisi Indonesia dirayakan dengan berbagai macam kegiatan sebagai upaya menjaga dan melaksanakan komitmen untuk memberi penghargaan yang tinggi kepada perpuisian dan kepenyairan Indonesia, menempatkan perayaan Hari Puisi Indonesia sebagai Hari Raya Para Penyair. Kegiatan-kegiatannya antara lain : (1) Baca Puisi Virtual yang telah dilaksanakan pada 26 Juli 2020 dan diikuti hampir 300-an penyair dari berbagai daerah di Indonesia (2) Seminar Nasional, Puisi Besar Sumpah Pemuda: Kedaerahan dan Keindonesiaan, dilaksanakan pada 28 Oktober 2020 diikuti oleh 100 tokoh penyair dari berbagai daerah di Indonesia (3) Anugerah Buku Puisi berhadiah 100 juta (4) Lomba Cipta Puisi Grup Facebook Hari Puisi Indonesia.


Pada kegiatan Lomba Cipta Puisi Grup FB Hari Puisi Indonesia, telah terkumpul naskah 823 puisi dengan jumlah 537 penyair. Sekitar 30% diikuti oleh penyair perempuan. Kegiatan ini mengawali perayaan Hari Puisi Indonesia, 26 Juli 2020 dan ditutup 16 September 2020. Kegiatan ini bertujuan untuk menyebarkan semangat Hari Puisi Indonesia sebagai media pemersatu bangsa. Oleh karena itu tema kegiatan dalam lomba ini mengikuti tema besar Perayaan Hari Puisi Indonesia 2020, yaitu Keberagaman dan Keindonesiaan.


Setiap penyair yang tergabung di dalam grup facebook Hari Puisi Indonesia boleh mengirimkan dua puisi yang bertemakan Keberagaman dan Keindonesiaan, lalu menandai dua puluh lima temannya sebagai upaya ikut menyebarkan semangat kebinekaan dan kecintaan pada Indonesia. Dengan rentang waktu hampir tiga bulan, teks-teks puisi bertebaran di Facebook. Karya mereka yang boleh dikatakan masih berusia remaja hingga karya para penyair senior. Panitia pun mencatat hampir setiap daerah di Indonesia para penyair hadir untuk memajang puisi-puisi hasil karyanya di media sosial. Tentu saja, dari wilayah Indonesia Timur seperti Sulawesi, Bali, NTT, NTB hingga Papua dapat dengan mudah kita jumpai puisi-puisinya di media sosial. Meskipun demikian, kegiatan ini masih didominasi oleh para penyair dari wilayah Jawa, Sumatra dan Kalimantan. Di tahun-tahun berikutnya para penyair dari wilayah timur akan lebih banyak hadir membawa puisi-puisinya yang kaya akan kearifan lokal.


Berikut 10 Nominasi Puisi dalam ajang Lomba Cipta Puisi Grup FB Hari Puisi Indonesia 2020 :

  1. Budhi Setyawan - Merah Putih di Bubungan Rumah
  2. Eddy Pranata PNP - Bertandang ke Karang Anjog dan Dukuh Paruk
  3. Jhon FS Pane - Peladang Tua dan Hutan yang Terbakar di Matanya
  4. Kurnia Effendi - Korespondensi
  5. Mezra E Pellondou - Pulang ke Rahim Haik
  6. Nanang R Supriyatin - Labirin, Menuju Pulaumu
  7. Norham Abdul Wahab - Lukisan Batik Indonesia
  8. Roymon Lemosol - Pelajaran dari Hutan Sagu
  9. Wayan Jengki Sunarta - Di Pura Agung Giri Natha, Semarang 
  10. Yuditeha - Bhineka Tunggal Ika
Dari 10 nominasi diambil 3 puisi favorit dan 3 puisi juara yang diumumkan pada 20 Desember 2020 oleh Aryani Isnamurti dan Nana Sastrawan di acara puncak perayaan Hari Puisi Indonesia 2020. Inilah para pemenang tersebut :

  1. Roymon Lemosol - Pelajaran dari Hutan Sagu
  2. Budhi Setyawan - Merah Putih di Bubungan Rumah
  3. Eddy Pranata PNP - Bertandang ke Karang Anjog dan Dukuh Paruk
Dan tiga puisi favorit antara lain :

  1. Jhon FS Pane - Peladang Tua dan Hutan yang Terbakar di Matanya
  2. Nanang R Supriyatin - Labirin, Menuju Pulaumu
  3. Wayan Jengki Sunarta - Di Pura Agung Giri Natha, Semarang 
Pembacaan para pemenang bisa dilihat di tautan ini https://www.youtube.com/watch?v=v62bramnilI


Pada kesempatan tersebut, diumumkan juga pemenang usulan judul buku puisi untuk 50 puisi terpilih dalam ajang Lomba Cipta Puisi Grup FB Hari Puisi Indonesia. Usulan judul buku tersebut terhimpun sebanyak 127 usulan judul. Dari jumlah itu dipilih 10 nominasi usulan judul, di antaranya :

  1. Pulang ke Rahim Haik diusulkan oleh Yona Jessica, Betty Selan, Mezra Pellondou, Liaadima, Adinda Tasik, Annisa Kapitan, Rian Nofu, Ina Toy.
  2. Kabar Padang Ara diusulkan oleh Rian Ibayana
  3. Ragam Diksi Bagi Pertiwi diusulkan oleh Rd Nanoe Anka
  4. Tanah Air Puisiku diusulkan oleh Jurlan
  5. Satu Rahim diusulkan oleh Gansar Dewantara
  6. Mata Air Puisi diusulkan oleh Ramli Marpaung
  7. Sihir Puisi diusulkan oleh Giyanto Subagio
  8. Sajak - Sajak dalam Rahim Ibu Pertiwi diusulkan oleh Leenda Madya
  9. Tak Habis Ditulis Tak Lekang Dikenang diusulkan oleh Muhammad Nur Taufiq Mu'thi
  10. Dari Pantai Menuju Puncak Indonesia diusulkan oleh Syarifuddin Arifin
Setelah banyak pertimbangan, diambil satu usulan judul buku untuk buku antologi 50 puisi terpilih Lomba Cipta Puisi Grup FB HPI 2020, dan pemenangnya adalah :

  1. Tanah Air Puisiku diusulkan oleh Jurlan
Demikian informasi lengkap para pemenang dalam Lomba Cipta Puisi Grup Facebook Hari Puisi Indonesia 2020. Selamat kepada para Pemenang!