Info
Rayakan HPI 2020, Rumah Sunting Ajak Pendaki Gunung Tulis Puisi

Rayakan HPI 2020, Rumah Sunting Ajak Pendaki Gunung Tulis Puisi



Haripuisi.info - Ada yang unik dari kemeriahan perayaan Hari Puisi Indonesia (HPI) yang digelar Komunitas Seni Rumah Sunting (KSRS) Pekanbaru tahun ini.

Pasalnya, pada HPI 2020 kali ini Rumah Sunting mengajak para pendaki gunung dan pencinta alam di seluruh Indonesia untuk menulis puisi.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, Rumah Sunting selalu menjadi yang terdepan dalam menggelar perayaan HPI. Terlebih, gaya dan cara komunitas ini dalam merayakan HPI juga selalu berbeda-beda setiap tahun. Termasuk perayaan HPI 2020 ini yang mengusung tema "Puisi Para Pendaki".

Kunni Masrohanti, pendiri dan pimpinan Rumah Sunting, mengaku pihaknya sengaja melakukan hal yang berbeda di tahun ini untuk memasyarakatkan puisi. Ia menilai memasyarakatkan puisi tidak hanya di kota, tapi sampai ke ceruk-ceruk kampung, puncak-puncak gunung dan kepada masyarakat luas.

"Banyak teman-teman pendaki yang suka menulis puisi. Mereka orang-orang beruntung yang bisa mencapai puncak ketinggian tiang-tiang bumi. Pengalaman, persahabatan, kesabaran, sulitnya mencapai puncak yang mereka temukan selama pendakian, adalah filosofi kehidupan yang sangat puitis. Kami mengajak mereka untuk berliterasi, menulis puisi dari apa yang mereka rasakan, apa yang mereka lihat lalu mewariskan melalui tulisan, yakni puisi," ujar Kunni seperti dilansir dari Riau.co.

Menurutnya, pendaki sebenarnya orang-orang yang sangat dekat dengan puisi. Karena mereka melihat dan merasakan keindahan alam ciptaan Tuhan yang maha dahsyat di tempat paling tinggi, yakni di puncak gunung sebagai tiangnya bumi.

"Kita mengajak mereka untuk menulis puisi dari pengalaman mereka mendaki yang tidak semua orang bisa menjalaninya melalui puisi. Kami berharap apa yang mereka tuliskan dalam puisi bisa menjadi warisan lagi bagi anak cucu di kemudian hari,’’ tandas Kunni.

Rencananya Rumah Sunting juga akan menerbitkan antologi Puisi Para Pendaki dengan mengusung tema: gunung, hutan dan alam. Tema ini sengaja dipilih agar para pendaki dan pencinta alam menulis tentang pentingnya menjaga kelestarian hutan, gunung dan alam.