Info
Meski Pandemi, Perayaan HPI 2020 Bakal Tetap Digelar

Meski Pandemi, Perayaan HPI 2020 Bakal Tetap Digelar



Haripuisi.info - Yayasan Hari Puisi berkomitmen untuk tetap menggelar perayaan ke-8 Hari Puisi Indonesia (HPI) 2020 meski pandemi Covid-19 belum usai.

Hal ini disampaikan Ketua Umum Yayasan Hari Puisi, Maman S Mahayana dalam keterangan tertulisnya berjudul Maklumat Perayaan HPI 2020.

Kendati demikian, Kritikus Sastra ini mengaku, perayaan HPI 2020 ini masih dalam proses pematangan. Panitia penyelenggara, dikatakannya, telah menyiapkan berbagai opsi alternatif yang harus dilakukan agar perayaan HPI 2020 tetap berjalan.

"Tiada sesiapa pun yang tahu, apa yang bakal terjadi. Manusia berencana, Tuhan jualah yang menentukan! Oleh karena itu, untuk mengantisipasi berbagai kemungkinan, sudah disiapkan pula Plan A, Plan B, Plan C, dan seterusnya yang memungkinkan program itu tetap berjalan dengan acara yang tetap meriah, bermarwah, bergengsi, dan reputasional," kata Maman.

Lebih lanjut Pria yang berprofesi sebagai Dosen Sastra di kampus UI dan Unpak Bogor ini menyebutkan bahwa perayaan HPI 2020 berhadapan dengan situasi anomali, absurd, tak terduga.

"Pandemi Corona telah meruntuhkan bangunan berbagai program. Meski begitu, cogan “Puisi tak pernah mati!” bukanlah basa-basi," tegas Maman.

Menurutnya, cogan "Puisi tak pernah Mati" adalah spirit, renjana, dan elan yang menjadikan penyair Indonesia dikenal sebagai makhluk responsif, adaptif, dan kreatif.

"Pandemi Corona disikapi dan direspons secara positif tanpa perlu berkeluh-kesah menyalahkan pihak mana pun. Mereka begitu luwes menyesuaikan diri dalam situasi apa pun. Maka, para penyair kita tiada henti melahirkan berbagai kreativitas cerdas dan inspiratif," pungkas Maman.

Untuk diketahui, Perayaan Hari Puisi Indonesia kali ini mengusung tema “Puisi yang memberi: Keberagaman dan Keindonesiaan.” Puncak perayaan HPI 2020 rencananya diselenggarakan di Kota Tua, Jakarta, 16—18 Oktober 2020.