Info
Release Puncak Perayaan Hari Puisi Indonesia 2019

Release Puncak Perayaan Hari Puisi Indonesia 2019


Release Puncak Perayaan Hari Puisi Indonesia 2019


Yayasan Hari Puisi kembali menggelar Puncak Perayaan Hari Puisi Indonesia (HPI) 2019 di Taman Ismail Marzuki, Cikini, Jakarta Pusat, pada tanggal 18-20 Oktober 2019. Hajatan akbar yang menghadirkan para penyair di seluruh Indonesia ini diketahui sudah memasuki tahun ke-7. Sebelumnya, Peringatan Hari Puisi ini dideklarasikan oleh sejumlah penyair pada 2012 lalu di Pekanbaru, Riau. Peringatan Hari Puisi Indonesia secara resmi dirayakan setiap tanggal 26 Juli yang mengacu pada hari kelahiran penyair Chairil Anwar

Agenda rutin tahunan yang diprakarsai oleh sejumlah sastrawan nasional ini senantiasa semarak dari tahun ke tahun. Hal ini dibuktikan dengan meningkatnya partisipasi para pegiat puisi yang hadir meramaikan puncak perayaan yang dihelat di Ibukota. Tak hanya itu, dari tahun ke tahun, komunitas puisi di berbagai daerah juga semakin gigih merayakan hari puisi di daerahnya masing-masing, baik dengan sederhana maupun dengan gegap gempita.

klik link di sini untuk melihat seluruh acara https://www.youtube.com/watch?v=1YMGCTvkk80

Berbeda dari tahun sebelumnya, perayaan HPI 2019 kali ini mengusung tema "Puisi, Digniti, dan Intelektualisme". Tema ini sengaja diusung untuk mengabarkan kepada publik, khususnya pada generasi saat ini, bahwa puisi memiliki marwah dan martabat.

“Tema ini dipilih untuk mewartakan kejayaan puisi (syair) kepada publik sekarang, termasuk kepada generasi milenial,” kata Ketua Umum Yayasan Hari Puisi, Maman S Mahayana.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, perayaan Hari Puisi Indonesia 2019 juga menyelenggarakan berbagai agenda kegiatan. Kali ini, Puncak Perayaan HPI 2019 menggelar rangkaian acara sebagai berikut: 1) Perayaan Hari Puisi se-Indonesia; 2) Peluncuran Perangko Seri Penyair 3) Sayembara Buku Puisi; 4) Pesta Puisi Rakyat; 5) Seminar Nasional; 6) Malam Anugerah HPI 2019.


Koordinator Acara HPI 2019, Asrizal Nur menambahkan, Perayaan HPI 2019 kali ini juga dimeriahkan dengan Pidato Kebudayaan oleh Prof. Dr Suminto A Sayuti, Guru Besar Fakultas Bahasa dan Seni  Program Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta (UNY). 

Selain itu, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan (Plt) Gubernur Kepulauan Riau Isdianto, MM, dan sejumlah atase kebudayaan negara sahabat akan tampil ke pentas membacakan puisi.

"Akan tampil juga Atase Kebudayan Iran Mehrdad Rhakshande, Perwakilan Kedubes Colombia John Byron Estrada, dan Pemenang Sayembara Buku HPI  2018 Dheni Kurnia," ujar Asrizal.

Acara puncak Perayaan HPI 2019 ini terselenggara berkat dukungan dan kerjasama dari beberapa pihak, di antaranya: Djarum Foundation, Kemendikbud, Keminfo, BUMN, Balai Pustaka, Kantor Pos, PERURI, PDS HB Jassin, dan Dapur Sastra Jakarta.