Info
Riau Bakal Gelar Perayaan HPI 2019 Selama Tiga Hari. Berikut Kegiatannya!

Riau Bakal Gelar Perayaan HPI 2019 Selama Tiga Hari. Berikut Kegiatannya!


Haripuisi.info - Hari Puisi Indonesia (HPI) memasuki tahun ke tujuh sejak 
dideklarasikan di Riau akhir 2012 lalu.

Karena itu, sebagai tempat bersejarah dideklarasikannya HPI, Riau selalu menjadi nomor satu dan tak pernah absen merayakan HPI setiap tahun.

Rencananya perayaan HPI 2019 di Riau akan dilaksanakan selama tiga hari, mulai 4-6 Oktober 2019 mendatang.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, Perayaan HPI tahun ini juga dinakhodai Komunitas Seni Rumah Sunting di bawah asuhan penyair perempuan Riau, Kunni Masrohanti dengan dukungan dari berbagai pihak.

''Kami mengambil semangat sumpah pemuda dan bulan bahasa, makanya  dilaksanakan di Bulan Oktober. Rumah Sunting sebagai motor atau penggerak, tapi kemeriahan HPI setiap tahun di Riau, itu karena dukungan banyak pihak. Mulai teman-teman komunitas, pihak swasta, media massa,  pemerintah dan terutama  seniman, penyair dan sastrawan di Riau,'' kata Kunni yang juga Presiden Penyair Perempuan Indonesia itu dalam keterangan tertulisnya yang diterima Haripuisi.info di Jakarta, Jumat (13/09).

Dari Penyair Masuk Sekolah Hingga Kenduri Budaya

Kunni lebih lanjut menambahkan, ada banyak kegiatan yang dilaksanakan dalam HPI 2019. Perayaan tersebut akan diawali dengan kegiatan penyair masuk sekolah, panggung aksi penyair Asean, peluncuran buku antologi puisi penyair Asean, dialog sastra dan budaya internasional dan Kenduri Budaya.

"Semua kegiatan dipusatkan di Pekanbaru kecuali Kenduri Budaya yang dilaksanakan di kawasan  Rimbang Baling, Kampar," tuturnya.

Menjelang puncak HPI, Rumah Sunting dengan melibatkan berbagai komunitas telah mengawali kegiatan sastra yang disebut "Road to HPI" yakni Kenduri Puisi XIII yang dilaksanakan akhir bulan Agustus di Kabupaten Inhu.


Beberapa hari menjelang acara puncak juga akan dilaksanakan pembacaan puisi di lahan gambut dan bincang buku puisi Membaca Asap yang akan diluncurkan pada malam puncak acara.

''Tahun-tahun sebelumnya, penyair yang datang dari berbagai negara. Ada dari Thailand, Vietnam, Malaysia, Singapura, Brunei Darussalam dan penyair di berbagai provinsi di Indonesia.  Beberapa penyair dari Malaysia dan Singapura juga sudah konfirm akan datang Oktober ini.  Semoga udara akan membaik, asap segera hilang dan semua bisa berjalan lancar, '' sambung Kunni.