Info
Hari Puisi Indonesia dan Kemanusiaan

Hari Puisi Indonesia dan Kemanusiaan



PUISI SEJAGAD (Memperingati Hari Puisi Indonesia)

Komunitas Cipta Gembira merupakan komunitas yang bergerak dalam dunia literasi, dari mulai membentuk kelompok diskusi, membaca buku bersama, menulis, sampai mendirikan perpustakaan keliling. Beberapa hasil tulisan anggota Komunitas Cipta Gembira pernah ikut andil dalam penulisan 1000 buku untuk anak Indonesia dari Komunitas BUAI (Buku untuk Anak Indonesia) yang kemudian dibagikan secara gratis di beberapa taman bacaan di Indonesia.

Pada tanggal 26 Juli. Chairil Anwar lahir. Beliau hidup sebagai tokoh yang sangat berpengaruh dalam khazanah kepenulisan Indonesia. Pemikirannya yang liar, perasaannya, lika liku hidup dan segala hal tentangnya tertuang dalam karya-karyanya. Karyanya terus hidup dan dinikmati oleh masyarakat. Bahkan hari lahirnya diperingati sebagai hari puisi Indonesia.



Jumat, 26 juli 2019 komunitas Cipta Gembira Purwokerto bermaksud mengenang karya Chairil Anwar tepat di hari kelahirannya dengan mengadakan acara  Puisi Sejagad Memperingati Hari Puisi Indonesia dengan tema “Mengenang Karya Chairil Anwar untuk Membangkitkan Generasi Revolusioner”. Acara tersebut diawali dengan membacakan puisi Chairil Anwar di sembarang titik di area Banyumas-Purwokerto, seperti di angkutan umum dalam perjalanan Banyumas-Purwokerto, terminal bus, alun-alun, dan pasar. Kemudian dilanjutkan dengan membagikan 100 nasi kotak untuk para penyedia jasa angkutan umum di kota Purwokerto dan diakhiri dengan Sarasehan Sastra dan gelar baca buku gratis di Alun-alun Purwokerto bersama rekan-rekan komunitas dan masyarakat umum.



Komunitas Cipta Gembira berharap dengan serangkaian acara yang dibuat akan menumbuhkan semangat jiwa revolusioner, karakter yang berani  dan pantang menyerah pada era ini dan masa yang akan datang.