Info
Gagal Hadir, Peserta Ini Kirim Puisi ke Panitia HPI 2018

Gagal Hadir, Peserta Ini Kirim Puisi ke Panitia HPI 2018


Haripuisi.info - Hamri Manoppo. Salah seorang peserta yang telah tercatat namanya dalam daftar penampilan Parade Puisi, harus mengubur asa karena gagal hadir dalam Perayaan Hari Puisi Indonesia (HPI) 2018.

Melalui WA Group, Hamri membeberkan alasan dirinya tak bisa membersamai peserta yang lain dalam acara yang digelar di Taman Ismail Marzuki (TIM) itu. Kepada Panitia, Hamri menyampaikan rasa terima kasih dan ia mengaku sudah mempersiapkan puisi yang akan ia bacakan di panggung tepat di hari pertama (17 November 2018).

Namun apa daya, Hamri harus mengurungkan niat itu karena kegiatannya yang padat di Kotamobagu dan Manado.

"Sayangnya karena padatnya kegiatan saya di Kotamobagu dan Manado sehingga besok tidak bisa tampil di panggung baca puisi. Awalnya saya mau ambil tiket tadi siang dan langsung balik ke Manado besok sore usai naik panggung tetapi tiket pesawat melambung sampai 5 juta untuk PP," ungkap Hamri seperti yang tertulis dalam WA Group.

Lebih lanjut, Hamri berharap suatu saat bisa bertemu dengan para penyair dan para peserta yang lain. Apalagi dikatakan Hamri, puisinya lolos dalam kegiatan yang tak lama lagi diadakan di Banjarbaru Kalimantan Selatan. Ia berharap bisa bertemu dengan para penyair di acara-acara selanjutnya.



Meski dirinya tak berkesempatan hadir di acara Puncak Perayaan HPI 2018, lewat puisi yang baru ia tulis, Hamri sesungguhnya hadir di tengah-tengah para peserta dan penyair lainnya. Puisi itu berjudul Kepada TIM Kutulis Puisi.

"Minggu pagi saya menuju serambi pilipina untuk Akreditasi 3 SMA Negeri di ujung utara Indonesia dengan pesawat Wing Air dari Bandara Samrat Manado ke Talaud selama 70 menit. Semoga dari Kab. Terluar, terutara di NKRI ini saya juga bisa menulis Puisi," tulis Hamri.



Berikut Puisi-nya:

Kepada TIM Kutulis Puisi

Kepada TIM
semestinya aku sudah
merangkai kata
bermain diksi dan metafora,
karena TIM rindu aku menabur kata

tapi latahlah rasa
rinduku patah
kusemai sejuta salam
kusukai sejuta teman

di ladang sastra
rinduku pada TIM
merona lara, duka nestapa karena tak bisa ke sana

Ade Novi, Bung Jimmy
mungkin Abah tak sempat ke sana,
aku tugas ke serambi filipina
tiket juga melambung harga

Salam HPI, salam Puisi
salam sobat se NKRI...

Kotamobagu,
 Jum'at, 16 November 2018


Sementara itu, Panitia Penanggungjawab Peserta, Jimmy S Johansyah, turut menanggapi pernyataan Hamri Manoppo di WA Group.

Mewakili panitia, Jimmy S Johansyah berkata:

"Baik, Pak Hamri, menyesal rasanya batal bersua. Tapi, kenyataan tak bisa pula dinafikan kehendaknya. Kami selaku Panitia berterima kasih atas respon baik Anda dalam perhelatan dunia kita ini. Mudah-mudahan angin baik akan mempertemukan kita pada saatnya kelak. Sebelum dan sesudahnya mohon maaf apabila ada sikap dan gurau yang kurang berkenan di hati. Sukses dan sehat selalu sepanjang masa," tulis Jimmy menanggapi. (adh)