Info
Secindo Puisi Kito, Tema Perayaan HPI 2018 Palembang

Secindo Puisi Kito, Tema Perayaan HPI 2018 Palembang




Haripuisi.info - Sobat Literasi Jalanan (SLJ) kembali menggelar perayaan Hari Puisi Indonesia (HPI) untuk kedua kalinya. Pada 2018 kali ini, SLJ menggandeng Dinas Kebudayaan Kota Palembang untuk turut merayakan HPI di de-burry cafe tepat dibelakang Museum Sultan Mahmud Badarudin II Palembang pada 4 Agustus 2018 beberapa waktu lalu.

Adapun tema acara yang diusung bertajuk “Secindo Puisi Kito”. Pembina Sobat Literasi Jalanan, Wanda Lesmana, mengatakan, tema tersebut diambil dari bahasa Palembang yang memiliki arti Seindah Puisi Kita.

“Dengan tema HPI 2018 yaitu Rejana dan sikap budaya, maka HPI Palembang terus melestarikan bahasa daerah Palembang sebagai ciri dan akar budaya Palembang itu sendiri,” katanya kepada haripuisi.info.


Menurut Wanda, penyair adalah penjaga gerbang bahasa. Oleh karenanya, penyair harus dapat menjaga dan melestarikan bahasa daerah masing-masing di Indonesia.

“Seperti tradisi lisan dan seni tutur: andai-andai, rejung, irama batang hari sembilan, besyair, nenggung yang merupakan bagian dari kebudayaan khas di Sumsel pada umumnya, Palembang khususnya,” terangnya.

Perayaan HPI 2018 di Palembang ini berlangsung meriah. Berbagai agenda dilakukan termasuk agenda acara Dialog Bersama Penyair Sumsel Lintas Generasi. Di antaranya: Anwar Putra Bayu, Anto Narasoma, Ws. Widodo, Wanda Lesmana dan Arco Transhep.


Acara juga dihadiri para Tokoh. Diantaranya Artis Ricki perdana, Kadin Disbudpar Prov. Sumsel, Irene Camelin, Kadinbud Kota Palembang, Ir. Sudirman teguh dan KadinPar Kota Palembang, Isnaini Mardani. Kegiatan berlangsung mulai Pukul. 19.30 WIB dan dimeriahkan dengan seluruh tokoh dan masyarakat yang hadir dan turut membacakan puisi-puisi terbaiknya.