Info
Peluncuran Sehimpun Puisi Ziarah Negeri Warnai Perayaan HPI Ciputat

Peluncuran Sehimpun Puisi Ziarah Negeri Warnai Perayaan HPI Ciputat



Perayaan Hari Puisi Indonesia (HPI) Ciputat yang diselenggarakan Komunitas Oretan Liar pada Sabtu (9/9/18) kemarin di Cafe Komunitas Ruang Tengah diwarnai dengan peluncuran buku Sehimpun Puisi Ziarah Negeri.

Hal ini dikatakan Ketua Umum Komunitas Oretan Liar, Ilham Muttaqin kepada haripuisi.info usai acara HPI 2018 yang bertema Ziarah Negeri itu berlangsung sukses dan meriah.

“Pada perayaan HPI 2018 ini Oretan Liar juga meluncurkan buku Sehimpun Puisi Ziarah Negeri karya 21 Penyair Oretan Liar. Yang sekaligus menjadi tema acara kita hari ini” kata pria yang saat ini mengenyam pendidikan di kampus UIN Jakarta.


Selain peluncuran buku, acara juga dimeriahkan dengan pembacaan puisi, musikalisasi puisi, dramatic poetry reading, teatrikal puisi, hingga sparing puisi dari para pengunjung yang hadir. Tampak hadir menjadi pembedah buku dalam acara itu, Penyair Indonesia (Bara Pattyradja) dan Budayawan sekaligus Dosen Filsafat UIN Jakarta (Kusen Ph.d).



Ketika ditanya tujuan diluncurkan buku Ziarah Negeri, Ilham mengungkapkan, sebagai penanda kembalinya Oretan Liar ke panggung sastra Indonesia, khususnya di Ciputat. Setelah hampir dua tahun mati suri untuk kembali melanjutkan cita-cita yang telah ditanam sejak awal oleh pendiri komunitas ini, Tuan Arief Hasibuan, yaitu: membumikan sastra khususnya puisi di Ciputat.

“Bagaimana Oretan Liar ini menjadi pelentur di tengah kekakuan organisasi, tempat bermanja-manja dengan puisi di tengah hiruk-pikuk kehidupan dan setumpuk tugas kuliah maupun pekerjaan,” tuturnya.


“Itulah cita-cita sederhana Oretan Liar. Semoga harapan tumbuh mekar mewangi dan memberi ketenangan bagi siapa saja yang ikut bernaung di dalamnya,” sambung ilham menambahkan.


Lebih lanjut, Ilham yang juga merupakan aktivis IMM Ciputat ini berharap, lahirnya Sehimpun Puisi Ziarah Negeri sebagai putra sulung Oretan Liar, yang akan terus melahirkan karya kreatif dan produktif ke depannya.

"harapannya kami bisa terus produktif dan kreatif dengan adanya buku ini," tutupnya.