Info
FAM Sulteng Rayakan HPI Jilid II

FAM Sulteng Rayakan HPI Jilid II





Haripuisi.info – Forum Aktif Menulis (FAM) Sulteng menggelar Perayaan Hari Puisi Indonesia (HPI) tingkat Provinsi Sulawesi Tengah jilid II. Acara yang dibuka langsung oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Sulteng ini juga dihadiri oleh tamu terhormat dua anggota DPD RI  Nurhayati Dewi Bantilan dan Dr.dr.Delys yang juga tampil membacakan puisi karya mereka masing masing.

Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Sulawesi Tengah Irwan Lahace sangat menyambut baik kegiatan yang bernilai positif ini seraya berharap semoga semua peserta dapat mengikuti secara saksama dan mengambil nilai-nilai positif untuk pengembangan nilai karakter dan budaya bangsa, yang sekaligus mengakhiri sambutan dengan membacakan puisi berjudul "Kursi Kemuliaan" karya Loddy Surentu.

SULTENG BERGAUNG PUISI menjadi judul dari perayaan HPI tahun 2018 ini terselenggara baik oleh pengurus FAM Sulteng dengan menghadirkan tamu yang luar biasa Bambang Oeban (Aktor, Penyair, dan Budayawan Nasional) asal Bogor, Yeni Sulistiyani (Teoretikus, Penelaah Puisi) asal  Lampung, dan Alvin Shul Vatrick (Penulis Krya Sastra) asal Luwu Sulawesi Selatan, serta tamu-tamu dari luar daerah.

Dari informasi yang dirangkum Haripuisi.info, perayaan Hari Puisi Indonesia 2018 ini dilaksanakan selama dua hari penuh. Yakni pada tanggal 7-8 Agustus diawali dengan Workshop Teknik Penulisan Karya Sastra dalam Mengembangkan Nilai-Nilai Karakter dan Budaya Bangsa dengan nara sumber Yeni Sulistiyani yang mendapatkan antusias dari semua peserta kegiatan yang diakhiri dengan penampilan baca puisi oleh Bambang Oeban.

Rangkai kegiatan dilanjutkan pada malam hari dengan parade baca puisi oleh para penyair Sulawesi Tengah, dan penyair luar daerah, pembacaan puisi Tuan Hilang Arah karya Alvin Shul Vatrick oleh Bambang Oeban, ditutup dengan sebuah pertunjukan sastra oleh Sanggar Seni Polelea Sigi yang juga mementaskan tiga puisi karya Alvin Shul Vatrick.

Keesokan harinya Rabu tanggal 8 Agustus berlangsung kegiatan Lomba Baca dan Cipta Puisi yang diikuti oleh sekitar 100 peserta dari wilayah kerja FAM Sulteng dijurikan oleh  Bambang Oeban, Yeni Sulistiyani, dan Alvin Shul Vatrick.  

Tanggal 8 malam adalah kegiatan pincak, malam perayaan yang diawali dengan sambutan Gubernur Sulteng yang diwakili oleh Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Prov. Sulteng sekaligus dirangkaikan Launching Buku Kumpulan Puisi Aksara Amerta sebuah buku antologi puisi bersama penyair nasional dan beberapa penyair serta penulis puisi hadir mewakili para penyair adalah Alvin Shul Vatrick,  Amah Mufti, dan Loddy Surentu yang ditandai dengan pembacaan salah satu puisi dalam buku antologi Aksara Amerta berjudul Sebelum Takbiran karya Loddy Surentu oleh Kadis Dikbud Provinsi mewakili Gubernur Sulawesi Tengah. Kegiatan malam puncak perayaan dilanjutkan dangan pembacaan nama pemenang lomba cipta puisi dan lomba baca puisi.

Melengkapi acara puncak perayaan Hari Puisi Indonesia 2018 di Palu, Bambang Oeban membacakan puisinya yang sangat memukau bagi semua hadirin.

FAM Sulteng menyampaikan terima kasih atas dukungan semua pihak hingga berlangsung suksesnya kegiatan perayaan HPI 2018 Di Palu Sulawesi Tengah.